Jumat, 10 Juli 2009

PROFIL PULAU GILIGENTING

PULAU GILIGENTING

Giligenting merupakan sebuah kecamatan yang berada di sebelah Tenggara Kabupaten Sumenep Madura. Menurut catatan Pariwisata Kabupaten Sumenep, pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 30,318876 km2 (1,45% dari Luas Kabupaten Sumenep). Sedangkan penduduknya berjumlah 23.422 jiwa (sesuai data tahun 2003). Hampir semua penduduk pulau ini adalah suku Madura. sebagian besar masyarakatnya merantau ke pulau kalimantan, jakarta, dan serang banten, mereka rata-rata disana membuka usaha toko sembako.

Terbentuknya Pulau Giligenting Menjadi Sebuah Kecamatan

Kecamatan Giligenting terbentuk pada tanggal 7 april1982 di sahkan oleh Presiden Republik indonesia Soeharto di jakarta. dulu pulau giligenting kecamatannya Bluto. Peraturan pemerintah No 7/1982 pasal 8 tentang pembentukan kecamatan giligenting wilayah propensi daerah tingkat 1 jawa timur, Membentuk Kec giligenting di kabupaten daerah tingkat ll sumenep, yangg meliputi wilayah Desa Aenganyar, Gedugan, Bringsang, Galis, Banbaru, Banmaleng, Lombang, Jete

Kecamatan Giligenting memiliki dua pulau berpenghuni resmi dengan masing-masing 4 kepala desa per pulau. Meski berada di bawah satu kecamatan, penamaan pulau ini berbeda,yaitu pulau Giligenting dan pulau Giliraja
Adapun nama-nama desa yang ada di Pulau Gili Genting adalah Aeng Anyar dan Galis - yang letaknya berada di bagian barat, sementara deretan timur terdapat Bringsang dan Gedugan. Untuk Gili Raja, paling timur terdapat desa Lombang, Desa Jate yang menjorok ke selatan, serta Desa Banbaru dan Banmaleng.

4 komentar:

  1. kira kira potensi wisata yang ada dipulau gili genting apa ya? mohon bantuan informasinya..
    trims

    BalasHapus
  2. kagen pgen plng ke giliegentienkkk...

    BalasHapus
  3. info menjuju ke sana nya dunkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  4. mnjawab pertanyaan @Tulus
    akses kesana relatip mudah walupun memakan waktu yang tidak sedikit, akses dari surabaya ± 5jam atau ±1jam dari Sumenep.
    rutenya surabaya > madura (Sumenep) > Saronggi > Tanjung > nyebrang perahu > Giligenting

    BalasHapus

Anda ya....Karena Komentar Anda Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Kami....
Terima Kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

GILIGENTING POLO RADDIN

Silahkan Baca Juga