Jumat, 21 Agustus 2009

Pondok Pesantren Al-Karawi

Sumenep: Sebagian warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai berpuasa Ramadhan 1430 Hijriyah Jumat 21 Agustus besok. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karawi di Desa Ketawang Karay, Kecamatan Ganding, Kiai Haji Fayyat As`ad menjelaskan, Kamis (20/8) malam, pihaknya mulai melaksanakan salat tarawih yang berarti keesokan harinya mulai berpuasa. "Kami memang akan mulai berpuasa Ramadan Jumat. Kami punya pedoman sendiri dalam menentukan awal dan akhir bulan Ramadan," katanya di Sumenep.

Fayyat menjelaskan, keputusannya untuk melaksanakan puasa pada hari Jumat dipastikan akan diikuti oleh sebagian warga di Kecamatan Ganding, Lenteng, dan Manding. "Santri dan alumni Pondok Pesantren Al-Karawi yang tersebar di sejumlah kecamatan di Sumenep biasanya bertanya pada kami tentang awal dan akhir bulan Ramadan. Kalau kami mulai berpuasa pada hari Jumat, tentunya santri dan alumni juga akan melakukan hal sama," katanya.

Kiai Fayyat juga menjelaskan, pihaknya memang lebih sering mendahului pelaksanaan puasa Ramadhan pada setiap tahunnya, jika dibandingkan dengan keputusan pemerintah. "Sekali lagi, kami punya patokan sendiri dalam menentukan awal Ramadhan sekaligus meyakininya sebagai hal yang benar. Namun, kami tidak memaksa warga lainnya untuk mengikuti keyakinan ini," katanya menegaskan.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Ganding, Sitrul A. Musaie menjelaskan, sebagian tetangganya memang akan berpuasa Ramadhan pada hari Jumat. "Sebagian warga di Kecamatan Ganding mengikuti keputusan salah seorang pengasuh pondok pesantren yang memulai pelaksanaan puasa Ramadhan pada hari Jumat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ya....Karena Komentar Anda Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Kami....
Terima Kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

GILIGENTING POLO RADDIN

Silahkan Baca Juga