Kamis, 08 Desember 2011

Ornyiuran


Buah ornyioran (istilah bahasa giligenting) atau ciplukan ternyata banyak mamfaatnya, tanaman yang dulu sering di jumpai di samping rumah tumbuh bersamaan dengan musim tanam jagung, yang saya tau tanaman ini ada dua jenis, ornyiuran lake' dan ornyiuran bine' ( istilah bahasa giligenting) kalau ornyiuran lakek daunya lebar lebar dan buahnya juga agak besar sebaliknya ornyiuran bine' daunnya kecil kecil. Tanaman ini banyak khasiatnya, selain buah, daun, batang, dan akarnyapun punyak daya menyembuhkan, ciplukan atau Physallis Peruviana L memang tidak memiliki nama dalam bahasa indonesia cuma istilah istilah dari daerah tertentu saja seperti di giligenting tanaman ini di kasi istilah ornyiuran, karena bakal buahnya mirip nyiur atau kelapa.
Tanaman ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti sifatnya: analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun, serta meredakan batuk, Cuma sayangnya belum banyak orang tahu khasiat dari tanaman ini.
Ornyiuran ini tidak mempunyai efek berbahaya, termasuk racun, selain untuk penyakit dalam ornyiuran atau ciplukan ini juga bisa digunakan sebagai obat luar, cara pemakaiannya:
1. Bisul, ambil daun ornyiuran 1/2 genggam dicuci bersih lalu giling halus, turapkan pada bisul lalu balut, diganti dua kali sehari.
2.Borok, sama seperti diatas, hanya tambahkan air kapur sirih secukupnya lalu turapkan keborok, ganti dua kali sehari.
Mudah mudahan di musim tanam jagung kali ini tanaman ini tumbuh banyak di samping rumah, soalnya sudah lama tidak ngerasain buahnya yg enak itu. Salam dari penulis mator sakalangkong, terimakasih.

3 komentar:

  1. teruskan menulis dan berkreasi bro.......

    BalasHapus
  2. Hehe dari pada tade' lakona...mun ejakarta sempat keng mun egili tak sempat neggu' hp lekkathen...

    BalasHapus
  3. hahahahahahahaha.......

    jhe' dimma ca'na se moto ornyioran jiia...hehhee

    BalasHapus

Anda ya....Karena Komentar Anda Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Kami....
Terima Kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

GILIGENTING POLO RADDIN

Silahkan Baca Juga