Kamis, 29 Desember 2011

Membudidayakan tomat dengan cara sederhana


Pada postingan kemarin saya telah membahas tentang budidaya tanaman jagung, kali ini saya akan share tentang cara cara budidaya tomat dengan memamfaatkan lahan kosong di samping dan dibelakang rumah, daripada nganggur bagus tuh kita mamfaatkan dimusim hujan seperti sekarang kan gak perlu kita repot repot untuk nyiram tiap hari.
Lanjut lagi bacanya yah...:-) Nah pertama tama yang harus kita lakukan adalah pengolahan tanah, dengan mencangkulnya sekalian mencampurnya dengan pupuk kandang, aduk rata, dan biarkan dulu sampai satu minggu. Kalau tanahnya subur pasti hasilnya bagus ia kan...:-)
nah setelah satu minggu buatlah bedengan selebar 40-50 cm, untuk barisan tunggal, jarak antara bedengan satu sama yang lain sekitar 30cm dengan kedalaman 30cm juga, terus buatlah lubang tanam dengan jarak 50-60 cm diatas bedengan dengan diameter 7-8 cm sedalam 15 cm. Nah tinggal nyari bibitnya neh...lanjut lg bacanya yah...:-)
Kemudian kita lanjutkan dengan pemilihan bibit, pilih bibit yang bagus, berdaun 5-6 helai daun, kira kira satu bulan setelah semai. Penyemaian dilakukan dengan cara sederhana saja, siapkan tanah dalam bag kayu sebarkan benih secara merata setelah benih berumur satu bulan nah saatnya penanaman kita lakukan.
Penanaman sebaiknya dilakukan di sore hari jadi biar tidak layu terkena sinar matahari, kalau sudah selesai siram dengan air. Setelah tanaman berumur satu minggu semenjak tanam pupuklah dengan menggunakan pupuk urea, berikan disekitar tanaman dengan jarak 3 cm jadi jangan sampai mengenai batang tanaman, kata orang gili bisa lolong tuh tanaman...:-O
kalau tanaman sudah mencapai 40 cm harus segera di kasih ajir agar batang tetap berdiri tegak dan tidak rubuh apa bila terekena hujan lebat. Biasanya panen dilakukan pada umur 90-100 hari dimana kulit buah berubah dari warna hijau menjadi kuning kemerah merahan, buah bisa kita petik kapan saja lumayan buat konsumsi sendiri dan dibagi Bagikan ketetangga :-) yah syukur kalau panen kita lumayan bisa kita jual, mumpung tomat lagi mahal 1 biji Rp 1000; kan lumayan buat tambahan kantong :-) gimana mudah kan dengan cara yang sederhana, tidak perlu perawatan yg macam macam kita sudah bisa menikmati hasilnya. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ya....Karena Komentar Anda Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Kami....
Terima Kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

GILIGENTING POLO RADDIN

Silahkan Baca Juga